Siapa saya?

Assalamu’alaikum,

abdul batik biruNamaku Abdul Rachman. Aku lahir di Makassar 29 Nopember 1974. Saat ini bekerja sebagai peneliti di Bidang Matahari dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Aku tinggal di Bandung bersama istri dan seorang anak.

Basic keilmuanku adalah astronomi. Senang membaca dan membuat program komputer. Kegiatan rutinku di LAPAN adalah mengkaji tentang cuaca antariksa khususnya potensi gangguannya pada teknologi di luar angkasa dan potensi bahaya akibat benda jatuh antariksa (buatan maupun alami). Aku juga pernah diamanahi menjadi ketua Dewan yakni Dewan Keluarga Masjid Al-Falaq LAPAN Bandung periode 2008 – 2011.

Blog ini adalah media kontribusiku di internet selain untuk mengasah kemampuan menulisku dan arsipku di dunia maya. Apa saja yang kutulis? Berdasarkan aktivitasku selama ini, paling seputar antariksa, komputer, dan Islam (dan hal-hal yang kuanggap penting untuk memahami dan bergelut di ketiga hal itu).

Aku berharap menerima banyak masukan dari pembaca semua atas segala yang kusampaikan di sini. Silakan siapa saja memanfaatkan tulisanku di sini dengan menyebut sumbernya (minimal alamat halaman web-nya). Jika ada kesalahan atau pertanyaan jangan ragu untuk disampaikan. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan yang telah mampir di blogku apalagi memberikan komentar.

Wassalam

Abdul Rachman
email: abdul.rachman@lapan.go.id, rachmanabd@yahoo.com

Iklan

11 comments on “Siapa saya?

  1. Assalamualaikum. Kang Abdul saya cukup tertarik dgn tulisan2 (terutama hal Antariksa) di Blog anda karena disampaikan dgn bahasa yg mudah dimengerti oleh awwam. Begini kang Pasti akang akan tertarik jika menggali Hadist2 ttg Akhir Zaman yg banyak menerangkan Ramalan2 Rasulullah SAW yg sebagiannya terdapat Ramalan Fenomena2 Antariksa selain Fenomena di Bumi. Youtube banyak video2 ttg Fenomena Antariksa namun kurang analisis Ilmiah yg Islami. Saya ingin memberi semangat kpd akang dan ingin lebih mengerti dari Sudut Pandang Ilmiah dan tentu Islami ttg Fenomena2 tersebut. Semoga akang tertarik mengangkatnya diBlog ini. -Yudi

    • Saya tidak mendalami aktivitas geomagnet. Jika ingin silakan kontak Pusat Sains Antariksa LAPAN untuk dihubungkan dengan peneliti bersangkutan. Tapi, saran saya agar diperjelas anomali yang dimaksud.

  2. Assalamu’alaikum bapak, saya mau tanya, apakah software Stellarium itu akurat? jika iya, mengapa pemantauan hilal tidak menggunakan software itu saja?

    • Wa’alaikumsalam. Utk keperluan astronomi secara umum, Stellarium cukup akurat sehingga bisa juga digunakan untuk membantu pengamatan hilal. Namun karena sifatnya umum, disarankan menggunakan software lain yang lebih khusus misalnya Accurate Times oleh Mohammad Odeh atau Accurate Hijri Calculator oleh Abdurro’uf. Kelebihan utama Stellarium terletak pada tampilan grafisnya yang dibuat mendekati realita yang kita lihat di samping sifatnya yang open source sehingga kita pun bisa ikut bersama-sama menyempurnakannya.

      • oh iya saya paham pak, terimakasih jawabannya. oh iya saya juga telah mengiim e-mail dan berharap balasan dari bapak, terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s