Siklus lama puasa Ramadhan

Update 20 Juni 2015: tambahan tautan luar

Abdul Rachman
Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN

fasting (sumber crossfitdublin.ie)Baru-baru ini seorang teman mem-posting grafik lama (durasi) puasa Ramadhan di beberapa kota di dunia dari lintang selatan hingga utara. Grafik itu menunjukkan bahwa kota Reykjavic di Islandia paling lama puasanya sedang Sydney di Australia paling cepat. Sumber grafik tersebut adalah The Huffington Post (www.huffingtonpost.com) yang mengawali artikelnya dengan kalimat “The holy month of fasting is a challenge for everyone observing Ramadan, but some Muslims have it harder than others.”

Apakah betul demikian?

Grafik itu betul pada saat ini. Namun, sebenarnya lama puasa Ramadhan juga bergantung pada tanggal kejadiannya. Sayang sekali petunjuk tentang ini tidak saya temukan di laman website bersangkutan sehingga kesannya “some Muslims have it harder than others”  berlaku sepanjang waktu. Berikut ini infografik yang memuat grafik tersebut.

Durasi shaum Ramadhan seperti yang dimuat di http://www.huffingtonpost.com/2014/06/27/ramadan-fasting-times_n_5537721.html.

Lama puasa Ramadhan di beberapa kota di dunia seperti yang dimuat di http://www.huffingtonpost.com/2014/06/27/ramadan-fasting-times_n_5537721.html.

Seperti saya sampaikan sebelumnya, lama puasa Ramadhan sebenarnya adalah fungsi waktu (disamping lintang lokasi). Saat Ramadhan bertepatan dengan saat belahan bumi utara mengalami puncak musim panas (seperti saat ini) grafik itu tepat namun akan sangat keliru 16 tahun ke depan. Kenapa? Karena saat itu Ramadhan bertepatan dengan waktu belahan bumi utara mengalami puncak musim dingin. Nah, ketika itu muslim di Reykjavic akan berpuasa paling cepat dan saudara-saudaranya di Sydney akan berpuasa paling lama.

Allah ternyata mempergilirkan lama puasa Ramadhan di bumi ini dengan siklus 33.54 tahun. Siklus ini adalah konsekuensi dari perbedaan lama 1 tahun Masehi dan 1 tahun Hijriah. Lama siklus ini bisa dihitung dengan formulasiklus durasi puasa

dengan T_M adalah rata-rata 1 tahun Masehi yang panjangnya 365.25 hari dan T_H adalah rata-rata 1 tahun Hijriah yang panjangnya 354.36 hari. Jadi, 1 tahun Hijriah lebih singkat 11 hari dibanding 1 tahun Masehi. Akibatnya, dalam kalender Masehi yang umum kita pakai, setiap tahun Ramadhan mendatangi kita 11 hari lebih cepat dibanding setahun sebelumnya.

Dengan mengetahui durasi satu siklus puasa Ramadhan dengan mudah kita bisa mengetahui kapan Reykjavik membalikkan posisi sebagai kota yang tersingkat waktu puasanya yakni setengah siklus ke depan (16 tahun) yang jatuh pada tahun 2031. Saat itu, Ramadhan akan bertepatan dengan puncak musim dingin di belahan bumi utara (21 Desember 2031). Dengan bantuan perangkat lunak konversi penanggalan Masehi ke Hijriah (di sini saya memakai Accurate Times) dan perangkat lunak astronomi (saya memakai TheSky6), mudah kita membuktikannya.

Lama puasa Ramadhan di kota Reykjavic, Islandia sangat berbeda saat ini dan 16 tahun ke depan.

Lama puasa Ramadhan di kota Reykjavic, Islandia sangat berbeda saat ini dan 16 tahun ke depan (klik gambar agar diperbesar).

Demikianlah, Allah SWT mempergilirkan lama puasa di bumi ini sebagaimana Dia mempergilirkan malam dan siang. Kaum muslimin yang tinggal di lintang-lintang tinggi di belahan bumi utara seperti Eropa dan Amerika Utara memang saat ini menjalankan ibadah puasa lebih lama daripada saudara-saudaranya di selatan namun itu tidak berlangsung sepanjang waktu. Setiap 16 tahun, Allah mempergilirkannya. Di samping itu, setiap 16 tahun juga lama puasa di semua negeri sama jika Ramadhan bertepatan dengan saat Matahari berada di ekuator pada Maret dan September.

Perlu diketahui bahwa nilai 33.54 tahun bukan harga mati. Dinamika gerak Bumi dan Bulan memungkinkan nilai ini untuk berubah walau dalam kurun waktu yang bisa jadi sangat lama.

Wallahu a’lam bishshawab.

Artikel lain yang terkait:

Merenungi Matahari sebagai makhluk Allah

Seputar penentuan awal bulan Hijriah di Indonesia

Gerak semu Matahari mengelilingi Bumi

Tautan luar:

Hisab awal bulan Hijriah dan lama puasa Ramadhan oleh Pak Thomas Djamaluddin di blog beliau

Puasa di negara-negara kutub dan sekitarnya oleh Ust. Erwandi Tarmizi di blog beliau

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s