Catatan perjalanan: Wina, Feb 2012

Abdul Rachman
Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN

Pengalamanku seminggu di Wina Austria sejak 6 hingga 11 Februari 2012 cukup berkesan. Meski cuaca yang sangat dingin menjadi kendala untuk melihat-lihat keindahan kota di sela-sela jadwal kegiatan yang padat (termasuk mengunjungi Istana Belvedere yang tampak di samping ini).

Tulisan ini kumaksudkan sebagai catatan kecil tentang perjalananku ke kota yang dikatakan sangat indah ini (saya kira khususnya di musim panas). Semoga ada manfaatnya bagi teman-teman yang berencana akan ke Wina minimal menambah wawasan kita.

Tugas untuk mempresentasikan perkembangan mitigasi sampah antariksa di Indonesia di sidang subkomite ilmiah dan teknik (STSC) UNCOPUOS menjadi alasan kehadiranku di Wina Austria. Saya dan Pak Didi Satiadi (dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN) memakai pesawat Emirates menghabiskan waktu 18 jam: 9 jam terbang dari Jakarta ke Dubai, transit 3 jam di Dubai International Airport, selanjutnya 6 jam terbang dengan pesawat yang sama ke Wina. Berangkat dari Jakarta pada 6 Februari pukul 00.15 WIB tiba di Wina pada tanggal yang sama pukul 12 waktu Wina (GMT+1). Di bandara kami dijemput Pak Ibnu dari kedubes RI. Begitu keluar dari bandara, udara yang terasa sangat dingin langsung menyambut.

Dalam perjalanan ke hotel, kami melewati gedung yang akan digunakan bersidang. Sidang STSC UNCOPUOS biasanya diadakan di gedung VIC (Vienna International Centre). Bentuk gedungnya unik: melengkung-lengkung (akan lebih jelas jika dilihat dari udara). Gedung ini adalah salah satu dari 3 markas tambahan PBB (Wina, Jenewa, dan Nairobi) dengan markas utama di New York. Banyak organisasi internasional lain (bukan di bawah PBB) yang berkantor di VIC seperti CTBTO dan IAEA.

Bagi saya, kesempatan ke luar negeri adalah momen yang pas untuk bersilaturahim dengan saudara-saudara seiman. Banyak pelajaran yang kita ambil dari kegigihan mereka memperjuangkan agama di negeri orang. Alhamdulillah saya bisa bersilaturahim dengan teman-teman Warga Pengajian Wina (Wapena) pada 10 Februari 2012 dan berkunjung ke masjid yang baru saja mereka dirikan (21 Januari 2012).  Masjid berbentuk apartemen ini adalah masjid Indonesia pertama di Wina yang diberi nama Masjid as-Salam Wapena. Saat ini Wapena diketuai oleh Pak Andi Junirsah (biasa dipanggil Pak Acha).  Silaturahim ini terwujud berkat bantuan Pak Rokhis Khomaruddin (dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN) sebagai mediatornya. Terima kasih banyak untuk beliau.

Hari terakhir di Wina (sabtu, 11 Februari 2012), sorenya saya gunakan untuk jalan-jalan melihat sungai Alte Donau yang tertutupi es. Kondisi sungai seperti ini menjadikan banyak orang yang memanfaatkannya untuk bermain ski. Mereka yang datang ke Wina pada musim panas akan melihat pemandangan yang jauh berbeda. Pada saat itu Alte Donau sering digunakan untuk olah raga air.

Perjalanan pulang ke Indonesia kembali memakai pesawat Emirates selama 17 jam: 5 jam dari Wina ke Dubai, transit 4,5 jam, selanjutnya 7,5 jam ke Jakarta. Berangkat dari Wina pada 11 Februari 2012 pukul 22 waktu Wina dan tiba di Jakarta keesokan harinya 12 Februari sekitar pukul 21 WIB.

Berikut ini album berisi gambar dan catatan kecilku tentang hotel, alam di sekitar hotel, kondisi ruang sidang, teman-teman di Wina, dan dua objek wisata yang direkomendasikan oleh Pak Rokhis untuk mengunjunginya. Klik gambar untuk diperbesar.

.

Saya berharap lain kali bisa datang ke kota ini lagi. Datang di musim panas sepertinya lebih menyenangkan ya?

Artikel lain yang terkait:

Sampah antariksa di sidang PBB

Catatan perjalanan: Wina, Feb 2014

Tautan luar:

Wina di Wikipedia

Website UNCOPUOS

Website kantor PBB di Wina

Website Wapena

Berita tentang peresmian Masjid As-Salam Wapena di website Republika

Iklan

One comment on “Catatan perjalanan: Wina, Feb 2012

  1. Ping-balik: Catatan perjalanan: Wina, Feb 2014 | Abdul Rachman's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s