29 Februari dan kalender Hijriah

Abdul Rachman
Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN

Hari ini tanggal 29 Februari 2012 dalam kalender Masehi. Apa yang menarik dari tanggal ini? Mungkin beragam jawabannya namun yang jelas tanggal ini terakhir kita temui 4 tahun lalu dan baru akan kita temui lagi 4 tahun mendatang. Kendati demikian, orang yang lahir tanggal 29 Februari tidak harus berulang tahun 4 tahun sekali. Secara resmi, mereka bisa berulang tahun pada 28 Februari atau 1 Maret tergantung negaranya. Berdasarkan info di Wikipedia, orang terkenal yang lahir dan wafat pada tanggal 29 Februari adalah Sir James Milne Wilson yang pernah menjabat sebagai Premier of Tasmania.

Kenapa dunia memerlukan tanggal ini dan bagaimana mengetahui kapan ia muncul?

Sebelum Julius Caesar melakukan reformasi kalender pada 46 SM, Februari hanya berusia 28 hari. Penambahan 1 hari di bulan Februari setiap 4 tahun sekali dilakukan agar kalender yang dipakainya lebih mendekati perilaku alam yang sebenarnya. Kalau sebelumnya jumlah hari dalam setahun rata-rata adalah 365 hari, maka dengan penambahan 1 hari tersebut akan didapatkan jumlah tadi adalah 365,25 hari. Jumlah hari ini sudah mendekati periode Bumi mengelilingi Matahari yakni 365,24237 hari. Tanggal 29 Februari dikenal dengan nama hari kabisat (leap day) dan tahunnya dikenal dengan nama tahun kabisat (leap year).

Penyempurnaan berikutnya dilakukan pada reformasi tahun 1582. Ketika itu Paus Gregorius XIII menetapkan kalender Gregorian yang memodifikasi aturan penambahan hari di bulan Februari dan penghapusan 10 hari (sehingga hari berikutnya setelah 4 Oktober adalah 15 Oktober 1582). Modifikasi aturan penambahan hari di bulan Februari dilakukan dengan menambahkan aturan bahwa untuk tahun kelipatan 100, tahun tersebut juga harus habis dibagi 400 agar menjadi tahun kabisat.

Algoritma untuk mengetahui apakah suatu tahun (year) adalah kabisat adalah sebagai berikut.

if year modulo 4 is 0
   then
       if year modulo 100 is 0
           then
               if year modulo 400 is 0
                   then
                       is_leap_year
               else
                   not_leap_year
       else is_leap_year
else not_leap_year

Dalam ekspresi boolean:

is_leap_year = ( year modulo 4 is 0 ) and
  ( ( year modulo 100 is not 0 ) or ( year modulo 400 is 0 ) )

Dalam bahasa Matlab:

is_leap_year = (rem(year,4) == 0) ...
  & ((rem(year,100) ~= 0) | (rem(year,400) == 0));

Menarik mempelajari perkembangan kalender Masehi dan membandingkannya dengan kalender Hijriah. Tanggal kabisat (29 Februari) bukan satu-satunya yang ditambahkan dalam sejarah kalender Masehi. Bulan Februari sendiri juga sesuatu yang ditambahkan karena kalender Masehi hanya mengenal 10 bulan sebelum ditambahkan Februari dan Januari. Berbagai penyempurnaan (rekayasa) terpaksa dilakukan untuk menyesuaikan kalender tersebut dengan perilaku alam yang teramati lewat fenomena musim.

Kalender Hijriah seharusnya bisa berkembang tanpa rekayasa sedramatis kalender Masehi. Mengapa? Karena Islam telah mengajarkan beberapa prinsip penanggalan yang, saya kira, tidak diajarkan dalam ajaran Kristen. Sebagai contoh, umat Islam telah yakin sejak awal bahwa jumlah bulan dalam setahun adalah 12 dan jumlah hari dalam sebulan adalah 29 atau 30 (tergantung penampakan hilalnya). Prinsip-prinsip semacam ini dapat memandu umat Islam dalam membangun sistem penanggalan yang sesuai dengan karakter alam yang sedapat mungkin terbebas dari rekayasa yang bersifat manusiawi. Ajaran untuk merukyat hilal jika dilakukan setiap bulan dapat menjaga objektivitas metode yang digunakan disamping menjaga kedekatan umat dengan fenomena alam. Jika tenyata tetap diperlukan rekayasa berupa sisipan hari atau yang lain maka rekayasa ini betul-betul dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Wallahu a’lam bishshawab.

Artikel terkait di blog ini:

Seputar penentuan awal bulan Hijriah di Indonesia

Tautan:

Artikel tentang perbandingan kalender Hijriah dan Masehi di blog Pak Thomas Djamaluddin

Artikel tentang kalender Masehi di website langitselatan

Artikel tentang tahun kabisat di Wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s