Membuat laporan dengan Matlab

Abdul Rachman
Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN

Meski biasa memakai Matlab untuk membuat program numerik dan sebagainya, saya yakin masih banyak yang belum tahu tentang fasilitas publishing Matlab code apalagi menggunakannya. Padahal jika mahir memakainya kita akan merasakan manfaatnya terutama bagi mahasiswa yang sering mendapat tugas membuat program numerik dan melaporkan hasilnya.

Apa sebenarnya manfaat fasilitas ini?

Fasilitas publishing Matlab code digunakan untuk mempublikasikan kode program yang kita buat disertai penjelasannya (mencakup komentar dan hasil) sehingga orang lain mudah membaca kode tersebut. Di dalam file yang dipublikasi dapat kita masukkan:

  • formatted comentary atas kode yang kita buat (termasuk bulleted and numbered lists, bold and monospace font, preformatted text, TeX equations, dan lain-lain)
  • kode yang kita buat
  • hasil kode yang kita buat (termasuk keluaran di Command Window dan gambar yang dibuat atau dimodifikasi oleh kode tersebut)

File dapat dipublikasi dalam format HTML, XML, LaTeX, PDF, DOC, atau PPT.

Saya mendapati fasilitas publishing Matlab code ini sangat cocok digunakan untuk membuat laporan hasil pemrograman. Pengantar dan teori bisa kita tulis dalam editor yang sama dengan editor yang kita pakai ketika membuat programnya (yakni editor Matlab) sehingga sangat memudahkan. Setelah kita publikasi, orang dapat membaca teori, kode program yang kita buat, dan melihat hasilnya dalam satu file. Karena keunggulan ini, beberapa kali fasilitas ini saya pakai untuk membuat laporan tugas kuliah.

Gambar berikut ini memperlihatkan contoh penggunaan fasilitas publishing Matlab code yang saya kira cukup lengkap. Di dalamnya ada teori pengantar (mengandung TeX equation), daftar isi, kode program, hasil program, dan kesimpulan. Pada contoh ini file dipublikasi dalam format html. Editor Matlab tampak di sebelah kiri sedang file hasil publikasi di sebelah kanan.

Contoh penggunaan fasilitas publishing Matlab code (klik gambar untuk diperbesar).

Contoh penggunaan fasilitas publishing Matlab code (lanjutan dari gambar sebelumnya).

Contoh penggunaan fasilitas publishing Matlab code (lanjutan dari gambar sebelumnya).

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fasilitas yang menarik ini dan bagaimana menggunakannya silakan buka Matlab Help lalu search ‘Publishing MATLAB Code Files’.

Selamat mencoba!

Iklan

2 comments on “Membuat laporan dengan Matlab

  1. bagaimana pak cara memasukan Publishing MATLAB Code Files ke editor dalam matlab agar muncul penjelasan pada code .
    mohon bantuannya pak

    • Caranya melalui menu Cell > Insert Text Markup. Lebih jelas lihat di Matlab Help. Search “publishing matlab code files”. Lakukan contoh yang ada di halaman yang ditampilkan. Eksperimen terus sampai lancar. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s