Satu lagi sampah antariksa akan jatuh

Abdul Rachman
Peneliti di Bidang Matahari dan Antariksa LAPAN

Diperkirakan sebuah sampah antariksa milik Amerika Serikat akan jatuh pada 23 September 2011 (+/- 1 hari). Lokasi jatuhnya belum dapat diperkirakan (sangat tergantung pada waktu jatuhnya). Sampah ini adalah sebuah satelit yang tidak berfungsi lagi bernama UARS (Upper Atmosphere Research Satellite) yang dulunya digunakan untuk pengamatan atmosfer atas yang penting nilainya bagi studi iklim.

UARS berpotensi jatuh di wilayah Indonesia seperti sudah ditunjukkan oleh perangkat lunak pemantau otomatis benda antariksa Track-it yang dikembangkan di LAPAN. Hasil pemantauannya berikut informasi penting lainnya tentang benda jatuh di Indonesia dan upaya mitigasinya dapat dilihat di http://foss.dirgantara-lapan.or.id/orbit.

Walaupun kecil sekali kemungkinannya untuk menimbulkan korban, sebaiknya kita turut memantau benda ini. Jika jatuh di negara kita, sangat diharapkan agar warga yang menemukan pecahannya diharapkan segera melapor ke kepolisian terdekat yang akan mengamankan benda tersebut. Tim khusus dari LAPAN setelah mengkonfirmasi peristiwanya segera akan meninjau ke lokasi kejadian jika memang diperlukan.

Artikel terkait:

https://rachmanabdul.wordpress.com/2011/09/21/kondisi-sampah-antariksa-saat-ini/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s