Memperkenalkan LyX sebuah document processor

Update 12 Des 2011: penambahan tautan tentang LaTeX di internet

Abdul Rachman
Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN

Bagi yang sering membuat tulisan yang banyak persamaan matematikanya, saya yakin butuh software yang lebih baik dibanding Word. Di Word memang ada MS Equation yang bisa kita pakai tapi pengalaman saya dulu ketika kuliah S1 memakai LaTeX (dan TeX didalamnya) lebih bagus.

Mengapa memakai LaTeX bisa lebih bagus? Sulitkah menggunakan LaTeX itu?

Sebelum saya jawab pertanyaan di atas, mungkin kita perlu kenalan dulu dengan LaTeX sebab saya yakin kebanyakan kita belum mengenalnya. Namun, mungkin kita sudah pernah melihat outputnya di berbagai jurnal internasional dan buku teks (biasanya di bagian depan di halaman copyright buku ada keterangan buku tersebut di-typeset memakai apa). Tentang LaTeX bisa dibaca di http://www.latex-project.org/intro.html. Contoh tulisan yang di-typeset dengan LaTeX bisa dilihat di http://www.ams.jhu.edu/~ers/learn-latex/paper.pdf.

Nah, saat ini telah tersedia LyX. Freeware/open source ini semacam interface bagi kita untuk memakai LaTeX. Kenapa perlu software perantara? Karena (bagi yang pernah memakai LaTeX tentu paham) memakai langsung software ini cukup sulit bagi kebanyakan orang. Output yang bagus ternyata memerlukan “pengorbanan” yang lebih besar misalnya ketika membuat persamaan matematika atau tabel yang rumit. Keberadaan software lain dibutuhkan untuk memudahkan user (dulu sewaktu S1 saya memakai Scientific WorkPlace).

Contoh tulisan sebelum di-typeset

Contoh tulisan setelah di-typeset (daftar isi secara otomatis dibuat; klik gambar agar diperbesar).

Ok, tidak perlu berpanjang kata lagi, silakan rekan-rekan yang tertarik ke http://www.lyx.org/ untuk membaca tentang LyX. Kalau mau lihat video penggunaannya (saya kira yang pernah memakai LaTeX pasti terkesima) silakan ke http://wiki.lyx.org/uploads/LyX/Screencasts/LyXIntroPalette.htm.

Setelah menginstal LyX (runs on Linux/Unix, Windows, and Mac OS X, and is available in several languages), teman-teman bisa membaca pengantar tentang software ini, kaitannya dengan LaTeX dan TeX dari menu help. Karena memakai TeX, sebelum menginstall LyX kita perlu menginstall TeX dulu. Install saja MixTeX (diperoleh di http://miktex.org/).

Saat kuliah S1 dulu saya sering membayangkan semua makalah ilmiah dibuat dengan LaTeX (atau semacamnya). Saat ini, setelah mengenal LyX, saya kira mimpi itu boleh jadi suatu saat menjadi kenyataan. Publikasi yang kita buat dengan LaTeX akan sangat baik tampilannya (isinya sih urusan lain) dan lebih mudah menuliskannya (tidak perlu pusing dengan typesetting) karena mengikuti template yang sudah ada dan di-typeset otomatis dengan LaTeX sebuah document typesetter yang tidak diragukan lagi keandalannya. Berbicara tentang template, Word juga memilikinya tapi setahu saya kebanyakan orang tidak memanfaatkannya. Kenapa ya?

Tautan:

Artikel tentang LaTeX di Wikipedia

Perbandingan LyX dengan editor TeX lainnya di Wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s